Pengertian Virus

Posted: Februari 5, 2010 in IPTEK
Tag:

Oleh: AsianBrain.com Content Team

Secara sadar atau tidak sadar terkadang kita selalu terganggu akan adanya serangan virus, entah itu menjadikan komputer kita secara tiba-tiba tidak bisa digunakan sama sekali, adanya beberapa fungsi yang tidak berjalan atau bahkan gangguan lainnya yang tentunya hal itu cukup membuat kita kesal, dan saat ini pertanyaannya adalah “Apa sebenarnya virus itu ? “.

Virus adalah program komputer yang dapat menduplikasikan dirinya dan menginfeksi komputer tanpa permisi atau tanpa sepengetahuan pengguna. Istilah “Virus” juga biasanya digunakan untuk menggambarkan beberapa type virus lainnya seperti  malware, adware dan spyware yang tidak memiliki kemampuan untuk melakukan duplikasi layaknya sebuah virus. Virus dapat dengan cepat menyebar dari komputer yang satu ke komputer lainnya ketika virus tersebut di tempatkan dalam komputer korban, hal itu dapat terjadi karena secara tidak langsung pengguna mengirimkan program virus tersebut melalui jaringan atau internet, atau melalui beberapa perangkat komputer lainnya seperti floppy disk, CD, DVD atau USB.

Virus dapat meningkatkan kesempatannya dalam melakukan penyebaran ke komputer lain dengan menginfeksikan file pada jaringan sistem file yang dikirimkan melalui komputer lain.

Istilah “Virus” terkadang digunakan pula untuk menyebutkan beberapa tipe malware. Malware dapat digolongkan pula sebagai program virus, termasuk worm, trojan horses, most rookits, spyware, dishonest adware, crimeware, dan beberapa program berbahaya lainnya. Secara teknis virus memiliki pengertian yang berbeda dengan worm dan Trojan Horses.  Worm dapat memanfaatkan keamanan komputer  yang rentang untuk menyebarkan dirinya ke komputer lain, sedangkan trojan adalah program yang tampak tidak berbahaya  tetapi ternyata memiliki jadwal berbahaya yang sengaja disembunyikan oleh sang pembuat trojan tersebut. Worm dan Trojans layaknya seperti virus yang berbahaya untuk komputer yang dapat mengganggu beberapa fungsi pada saat program tersebut di jalankan.

Saat ini sudah Banyak komputer yang terhubung dengan internet dan jaringan lokal, dan dengan begtiu maka banyak pembuat virus yang mengambil keuntungan untuk menyebarkan virus melalui layanan jaringan seperti World Wide Web, E-mail, Instant Messaging dan sistem sharing dalam proses penyebarannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s